KKN TIM 1 UNDIP Menciptakan Obyek Wisata Baru?

Grobogan (11/2). Mahasiswa KKN Tim I UNDIP Desa Kapung, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan melaksanakan program multidisiplin yaitu perancangan desain embung dalam rangka pengembangan desa wisata di Desa Kapung. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk mewujudkan impian Desa Kapung menjadi Desa Wisata.

Desa Kapung memiliki beberapa tanah milik desa dan sebagian tanah masyarakat yang rencananya akan dibebaskan guna mempersiapkan pembangunan embung. Pada kondisi saat ini lokasi yang akan dibangun menjadi embung adalah bekas galian kapur dengan tanah yang sangat berkontur. Embung yang akan dibangun memiliki beberapa fungsi yang berharga. Diantaranya adalah sebagai pusat irigasi dan pengairan terhadap sektor pertanian di desa Kapung. Fungsi lain dari embung adalah sebagai penampung air hujan yang diharapkan bisa mencegah banjir dibagian Desa Kapung yang memiliki ketinggian lebih rendah.

Selain itu embung yang akan dibangun juga memiliki fungsi sebagai kawasan obyek wisata. Dalam ini KKN TIM I Universitas Diponegoro Desa Kapung berpartisipasi dalam memberikan usulan desain obyek wisata embung. Konsep yang diangkat untuk pembangunan embung adalah konsep bendungan air sekaligus konsep untu tempat wisata. Di dalam kawasan embung akan dibangun pondokan yang difungsikan untuk tempat bersantai selain itu terdapat lintasan jogging track, tempat duduk bersantai, serta spot panndang embung Desa Kapung.

Dengan terciptanya desain embung, mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Desa Kapung berharap agar nantinya desain yang telah dirancang menjadi salah satu patokan terbangunnya embung. Sehingga impian Desa Kapung menjadi desa wisata dapat tercapai dan dapat meningkatkan tingkat produktifitas dan ekonomi masyarakat Desa Kapung.

Usulan Desain Embung

admindesa

@by

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *